Selasa, 10 November 2009

E - Commerce (B2B, B2C, B2G)

E – Commerce

Definisi Electronic Commerce (E-Commerce):

Apa sebenarnya arti E-commerce (electronnic commerce atau EC) ? E-commerce merupakan suatu istilah yang mulai banyak digunakan belakangan ini, suatu contoh kata yang sering didengungkan, kata yang berhubungan dengan internet dimana tidak seorangpun mengetahui dengan pasti definisi tersebut. Berikut ini akan

dipaparkan mengenai pengertian e-commerce yang terdapat pada website atau menurut para ahli yang dituangkan dalam website tersebut. Pada website whatis.com terdapat pengertian e-commerce yaitu berhubungan dengan pembelian dan penjualan barang atau jasa melalui internet, khususnya World wide web.

E-commerce merupakan suatu tindakan melakukan transaksibisnis secara elektronik dengan menggunakan internet sebagai media komunikasi yang paling utama (Robert E. Johnson)

E-commerce berhubungan dengan penjualan, periklanan, pemesanan produk yang semuanya dikerjakan melalui internet. (Gary Coulter & John Buddemeir)

Kemampuan untuk melakukan bisnis secara elektronik melalui komputer, Fax, telepondsb. (Donna Perry)

Ruang Lingkup E-commerce

Electronic Business, merupakan lingkup aktifitas perdagangan secara elektronik dalam arti luas

Electronic Commerce, mrupakan perdagangan yang dilakukan secara elektronik, mencakup:

-PerdaganganVia internet

-Perdagangan dengan fasilitas web internet

-Perdagangan dengan sistem pertukaran data

Terstruktur secara elektronik

Kerangka Dasar E-commerce

Aplikasi e-commerce disusun berdasarkan infrastruktur teknologi, yaitu kombinasi antar komputer, jaringan komunikasi dan software komunikasi.

Infrastruktur:

a. Jasa bisnis umum (proses pembelian & penjualan)

b. Distribusi pesan dan informasi (pengiriman & pengambilan informasi)

c. Isimulti media dan publikasi jaringan

d. Information Superhighway

Jenis–jenis E-Commerce

1. Business to business (B2B)

2. Business to Costumer (B2C) melaluiinternet

3. Costumer to Costumer (C2C)

4. Government to Nation (G2N)

B2C :

· Disebut dengan transaksi pasar

· Konsumen m’pelajari produk yang ditawarkan melalui publikasi elektronik

· Membeli dengan electronic cash & sistem secure payment

· Memintaagar barang dikirimkan

B2B :

· Disebut juga transaksi antar perusahaan

· Transaksinya menggunakan EDI dan email untuk pembelian barang dan jasa, informasi & konsultasi

· Digunakan untuk pengiriman dan permintaan proposal bisnis.

Komponen E-Commerce

· Electronic Data Interchange (EDI), sbg pertukaran data antara komputer antar berbagai organisasi

· Digital currency, memungkinkan user untuk memindahkan dantanya secara elektronik

· Electronic Catalogs, mrpkn antar muka grafis (GUI) yang umumnya berbentuk halaman www berisi informasi tentang penawaran produk dan jasa

Keuntungan E-commerce

Bagi pengelola bisnis:

-Perusahaan dapat menjangkau pelanggan diseluruh dunia

-Efisiensi, tanpa kesalahan dan tepat waktu

Bagi konsumen:

-Harga lebih murah, belanja cukup pada satu tempat

Bagi manajemen:

-Peningkatan pendapatan & loyalitas pelanggan

Kelebihan E-Commerce

· Otomatisasi, menggantikan proses manual

· Integrasi, meningkatkan efisiensi & efektifitas proses

· Publikasi, memberikan jasa promosi & komunikasi atas produk & jasa yang dipasarkan

· Interaksi, pertukaran data/informasi antar berbagai pihak yang akan meminimalkan “human error”

· Transaksi, kesepakatan antara2 pihak untuk melakukan transaksi yg melibatkan institusi lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar