M-Commerce
M-commerce atau mobile commerce sering disebut juga dengan m-business atau pervasive computing. M-commerce merupakan pengembangan dari e-commerce yang menggunakan jaringan wireless atau mobile telecommunication. Secara karakteristik m-commerce terdiri dua bagian yaitu mobility dan board reachability. Kata mobile menerangkan bahwa aktifitas tersebut dilakukan dengan cell phone atau perangkat teknologi lainnya yang bersifat mobile seperti PDA (personal digital assistant), sehingga para penggunanya dapat melakukan berbagai aktifitas ecommerce dimana saja. Sedangkan kata board reachibility menjelaskan bahwa apapun aktifitasnya dan dimanapun mereka berada para pengguna mcommerce tersebut dapat menjangkau atau memiliki informasi yang dia butuhkan secepatnya. Secara umum, aktifitas dari m-commerce dibagi menjadi 12 kategori yaitu, mobile financial, mobile advertising, mobile inventory management, proactive service management, product locating and shopping, wireless reengineering, mobile auction or reverse auction, mobile entertainment services,m obile office, mobile distance education, wireless data centre dan mobile music.
Dari kedua belas kategori diatas dalam perkembangannya dapat digabung menjadi beberapa aktifitas yang disesuaikan menurut aktifitasnya seperti financial application; marketing, advertisement and customer service; enterprise application; B2B and supply chain; individual consumer; location-based dan non-internet applications. Beberapa dari kategori tersebut telah dikembangkan di Indonesia, terutama oleh para pengembang dan provider mobile phone. Financial application merupakan salah satu contoh utama dari m-commerce. Beberapa contoh dari aplikasi ini seperti mobile banking, mbrokerage services, wireless electronic payment systems, micro payments, wireless web wallet dan bill payment. Aplikasi mobile banking sudah banyak digunakan berbagai bank di Indonesia, para customer dari bank tersebut dapat melakukan aktifitas perbankan seperti cek account balance, transfer, pembayaran tagihan listrik, air, telepon, kartu kredit, dengan menggunakan cell phone mereka.
Sedangkan wireless electronic payment systems adalah sebuah aplikasi yang digunakan untuk aktifitas pembayaran makanan dan minuman di tempat tertentu atau pembayaran pencucian mobil otomatis dengan hanya mengirim SMS dari GSM handset ke nomor tertentu. Biaya dari aktifitas tersebut akan diambil dari besar harga pulsa yang ada untuk GSM prabayar atau ditambahkan ke biaya pulsa yang akan dibayar oleh para pengguna GSM abondemen. Sedangkan aplikasi dari micropayments sebenarnya hampir mirip dengan aktifitas wireless electronic payment, bedanya, para pengguna harus menelepon nomor tertentu dan membayar waktu
telepon tersebut seharga biaya yang dibutuhkan. Hal tersebut juga tidak jauh berbeda dengan wireless web wallet, aplikasi ini digunakan untuk pembayaran online, penggunanya menggunakan sebuah virtual wallet (dompet online).
Pelanggan untuk menerima dan melayani penarikan uang tunai dari user . User yang telah terdaftar sebagai member dapat mempergunakan fitur – fitur yang terdapat pada aplikasi mobile seperti informasi saldo, pembayaran transaksi untuk member yang lain, melakukan penarikan uang tunai pada agent serta melihat histori transaksi yang dilakukan baik pembayaran ataupun penarikan.
Deskripsi Umum Sistem
ARSITEKTUR SISTEM
Tidak ada komentar:
Posting Komentar